Home » » Tgk. Abdul Razaq Mengisi Safari Ramadhan Dakwah, Pengajian dan zikir ke europa bersama warga Aceh

Tgk. Abdul Razaq Mengisi Safari Ramadhan Dakwah, Pengajian dan zikir ke europa bersama warga Aceh

Published by Atjeh Waa on Monday, 27 June 2016 | 13:23

WAA : Aalborg - Rabu 22/06/16, World Acehnese Association (WAA), yang merupakan wadah persaudaraan seluruh rakyat Aceh di seluruh dunia dalam upaya memajukan masa depan Aceh kearah yang lebih baik. 

Dalam pertengaan pusa tahun ini, mengundang ketua dan pembina Majelis zikir kota Langsa (MAZKA), Tgk. Abdul Razaq atau yang biasa disapa dengan Tgk. Akhy ke negara Denmark. Untuk mengisi kegiatan safari ramadhan  dakwah, pengajian, zikir, silaturrahmi dan study banding di europa.

Tgk. Abdul Razaq berangkat dari Aceh kenegara Denmark pada tanggal 21 Juni 2016 melalui bandara Kualanamu, transit dimalaysia, Turky dan sampai di Airport Aalborg pada pukul 14:00. 

Di bandara Aalborg, Ruyani M. Daud sebagai logistic WAA dan rakan-rakan sudah lebih awal datang untuk memjemput, mereka langsung bersalaman dan menyapa disaat Tgk.Abdul Razaq keluar dari pintu imigrasi. " Peuhaba Tgk, ciban keuadaan dalam perjalanan ? Tgk geudjaweub alhamdulillah sehat dan lancar mandum. Djroëh dan seulamat katroëh neuteuka u Denmark " kata nekhasan, rakan-rakan geupeugah njoë keuh lagé njoë keudaan cuaca, peuna meunjum leupi Tgk ? dengan peunôh canda, bak hie mangat tapuasa 20 djeum hana that apoh apah sabeub keudaan nanggroë leupi.

Kemudian rombongan meunuju Mesjid kota Aalborg untuk melakukan shalat Dzuhur, setelah itu mereka melanjutkan perjalanan dengan kereta yang dipandu oleh M.Basri melihat pemandangan seputar kawasan Aalborg. 

Meunghabiskan watktu lebih kurang 3 jam, rombongan menuju kerumah tempat istirahat di kota Brovst yang sudah ditentukan oleh panitia dan sekaligus acara buka puasa perdana bersama Tgk.Abdul Razaq dan aktivis WAA serta rakan-rakan. 

Keesokan harinya, kamis 23/06/16 koordinator WAA dan ketua MAZKA ( nekhasan dan Tgk.Abdul Razaq ) mengunjungi kesalah satu tempat kantor pemerintah di kota madia Jammerburgt Kommune, Region Nordjylland, Denmark, untuk study banding tentang sistem dan mekenisme kerja pejabat dan pelayanan sosial kepada masyarakat Denmark yang membutuhkan bantuan serta pertolongan. 

Kunjungan kekantor itu sudah lebih awal dicadangkan oleh koordinator WAA dengan pihak pejabat pemerintah disana untuk study banding dan temuramah. Kedua tamu di sumbut oleh Jerte dan Mechal, dan diajak berkeliling keseluruh ruang kantor serta memperkenlakan kegiatan pejabat pemerintah disana dalam kepada bekerja. Apa saja tanggung jawab dan yang mereka kerjakan. Menurut Tgk. Abdul Razaq, pelayanan pejabat pemerintah dikantor tersebut sangat ramah, dan penuh keakraban. 


Hari jumaat, 24/06/16, Tgk. Abdul Razaq berangkat ke kawasan kota Hjørring dan tinggal disana selama 7 hari sesuai agenda yang sudah disussun oleh panitia WAA, seperti pengajian, zikir, tur, Silaturahmi dengan warga Aceh disana, buka puasa bersama dan Shalat tarawih di Mesjid Al-Salam.

Pekan depan akan menuju kekawasan kota Aars, tahap pertama kegiatan aktivitas pengajian, zikir diadakan tiap hari setelah shalat Ashar dan kususnya pada tanggai 02 Juli InsyaAllah ada acara zikir akbar di Meunasah Aceh. Disana juga melakukan shalat tarawih, Tgk.Abdul Razaq juga menjadi imam shalat hari raya aidul fitri 1437 H/2016, beserta khatib. di Hari raya ke empat, secara masyarakat Aceh di Denmark ada acara opeh house dan silaturrahmi. Pada hari itu ada tausiau yang disampaikan oleh Gure kita dari Aceh.

" Kedatangan Tgk Abdul Razak kenegara Denmark adalah satu moment yang luar biasa bagi kami warga Aceh di Denmark dalam kegiatan safari ramdhan, karena njoe baroë teuka Gure dari Aceh dalam beuleun puasa" tutur Syukri. Seumoga moment ini dapat digunakan untuk belajar apa saja dari Gure.

Kemudian pada tanggal 11/07/16 rombongan Tgk, akan melakukan perjalan kenegara Norwegia untuk bersilaturrahmi dengan masyarakat Aceh di kota Stavager selama sepekan. 

Oleh, sektaris WAA (Wareeh)
Komentar