Masyarakat Mns. Tgk. Di Gadong Menyembelih 7 Ekor Sapi Dan 9 Ekor Kambing Qurban

Masyarakat Mns. Tgk Di Gadong melakukan Qurban dengan menyembelih lembu, kerbau dan kambing (Foto/Adck)

WAA - Mns. Tgk. Di Gadong, Kecamatan Kota Juang, yang terletak di pinggir jalan Gayo, berbatasan dengan Mns. Dayah dan Mns. Capa, Blang Rheum dan Mns. Setui, Juli dengan jumlah penduduk mencapai 2500 orang, merupakan salah satu Gampong yang strategis dalam mendukung pembangunan kota Bireuen menuju salah satu kota berprestasi di Aceh.

Menejelang hari raya Qurban, seperti mana juga di Gampong lainnya di Aceh, masyarakat Mns. Tgk Di Gadong yang di kurniakan rezeki lebih, akan memilih melakukan Qurban dengan menyembelih lembu, kerbau dan kambing.

Bagi saya yang telah meninggalkan Aceh selama sepuluh tahun, ini merupakan hari raya Qurban pertama saya sejak kepulangan kami bersama keluarga dari Denmark, karena terlalu merindui suasana Qurban, pagi – pagi saya sudah tiba di pekarangan Meunasah, begitu saya tiba, suasana masih lengang, belum ada seekor lembu Qurbanpun terlihat, tidak lama berselang Tgk Musalla Pak Ketjhik Mns Tgk Di Gadong muncul dengan motornya untuk memastikan semua persiapan di lokasi tidak terkendala.

Setelah menyapa kami yang sedang ngobrol bersebelahan dengan halaman Meunasah, beliau berlalu menuju lokasi Qurban karena para pemilik binatang mulai berdatangan membawa lembu dan kambing.

Tepat jam 7.00 pekarangan Mns. Tgk. Di Gadong, Bireuen mulai ramai di datangi, Tgk Imum Meunasah Abu Bakar M. Ali terlihat ceria dengan tugasnya menjadi salah seorang penyembelih pada hari itu, ketika saya lihat semua kegiatan berjalan dengan benar – benar rapi dan bagus, saya mendekati Pak Keutjhik (Kepala Gampong) untuk memberi apresiaasi terhadap apa yang saya saksikan, Keutjhik Musalla membalas dengan mengatakan ini lah faedahnya membentuk kepanitiaan dalam sebuah acara.

Sungguh suatu yang luar biasa ternyata jumlah penduduk Mns. Tgk. Di Gadong yang ramai, dengan profesi yang berbeda – beda masih tetap mengamalkan sikap saling bekerjasama, saling menghargai dan berperan membangun Gampongnya, baik dalam bentuk fisik dan non fisik seperti pelaksanaan kegiatan Qurban ini.

Yussanda (Agen) Ketua Pemuda Gampong Mns. Tgk. Di Gadong memberitau saya, di Gampong geutanjoe uroenya na 7 boeh leumoe dan 9 boeh kameng untuk geu si Qurben (di Gampong kita hari ini ada 7 ekor sapi dan 9 ekor kambing untuk di Qurbankan), saya kira ini menjadi suatu petunjuk bahwa ekonomi masyarakat secara garis besar ada perubahan dari sepuluh tahun yang lalu sebelum saya berlepas ke benua Eropa.

Kita berharap tahun – tahun hadapan akan semakin banyak orang yang bisa melakukan hal yang sama yaitu Qurban pada hari raya Aidil Adha.

Oleh Tarmizi Age (Mukarram) adalah Warga Meunasah Tgk Di Gadong, Bireuen
Previous Post Next Post